NICHOLAS KURNIAWAN, PEBISNIS MUDA SEBAGAI MOTIVATOR GENERASI
MILENIAL DALAM MEMBANGUN PEREKONOMIAN INDONESIA
Nicholas Kurniawan, seorang
pengusaha sekaligus pebisnis muda asal Jakarta yang berusia 26 tahun. Pemuda
yang kerap disapa Nicho ini sudah terlihat bakat berbisnisnya sejak duduk di
bangku sekolah dasar, nicho kecil berjualan mulai dari makanan, minuman, hingga
pakaian dan lain-lain. Nicho melakukan ini sebab keadaan ekonomi keluarga yang
mengharuskan nicho bekerja keras dan lebih mandiri. Saat berusia 17 tahun, seorang teman memberikannya sepaket
ikan Garra Rufa, ikan terapi. Namun karena tidak memiliki minat untuk
memeliharanya, dia berinisiatif untuk
menjualnya. Dengan segera dia mulai membuka Forum Jual Beli Kaskus dan membuat
akun di sana untuk menjual ikan yang dimiliknya saat itu. Dari sanalah nicho
mulai menyadari adanya peluang besar dalam berbisnis ikan hias.
Belajar
dari penjualan ikan hiasnya yang laris, Nicho mulai mengambil langkah untuk
berjualan ikan hias dan mendapat keuntungan sebesar tiga juta rupiah dalam
kurun waktu satu bulan. Namun tidak
semua usaha yang dilakukan oleh Nicho berhasil dengan baik. Saat usahanya mulai
terstruktur dia harus merasakan kepahitan karena penipuan yang dilakukan oleh
salah seorang partner kerjanya, uang sebanyak tiga puluh juta raib dalam
semalam disusul pembatalan pengiriman sepuluh ribu ikan hias akibat kendala
dalam pengiriman yang menyebabkan satu-persatu ikan hias mati karena Nicho
belum memiliki peralatan yang cukup untuk menampung dan merawatnya. Berbekal
pengalaman dan pembelajaran dalam dunia perkuliahan Nicho mulai bangkit.
Semangatnya yang tidak pernah surut membawanya pada jalan kesuksesan di usia
yang masih cukup muda. Dia pernah mengatakan jika dirinya tidak pernah gagal,
hanya saja saat itu belum menemukan cara yang tepat dalam berbisnis dengan
baik.
Saya, Isna Nur Hanifah, Garda FENESA
2019 dari kelompok Nicholas Kurniawan berpendapat bahwa tokoh tersebut memiliki
motivasi yang tinggi untuk anak muda khususnya dalam memulai berbisnis. Kegagalan
dalam berusaha sebenarnya bukanlah akhir, melainkan mengajarkan kepada kita untuk berusaha mencari
jalan yang tepat untuk menjadikan bisnis kita itu berhasil, sehingga dapat
meminimalisir peluang gagal dan kerugian di masa depan.
Membahas tentang dunia perekonomian
tentu tidak akan ada habisnya. Indonesia sendiri termasuk negara berkembang di
mana sumber daya manusia masih tergolong rendah dan tidak memiliki skill yang
cukup mampu mengimbangi dengan perkembangan teknologi, dan infrastruktur negara
yang masih belum memadai. Sebagai rakyat Indonesia yang memiliki kekayaan baik
dalam segi agraris maupun maritim, kita harus pandai memanfaatkannya. Salah
satunya dengan berwirausaha seperti tokoh Nicholas Saputra. Tidak pernah
pesimis dan selalu fokus dalam usaha yanng ditekuninya adalah prisip nicho,
meskipun kegagalan berulang kali telah menimpanya, nicho tak pernah putus asa
dan menyerah.
Pada saat masih duduk di kelas
menengah atas dia mendapatkan pengalaman baik dan berkesan hanya dari kisahnya
yang menjual ikan Garra Rufa. Dari sini banyak pelajaran yang dapat diambil, di
mana memulai bisnis yang baik tidak harus dengan menyandang gelar sarjana,
melainkan karena niat dan kesadaran imdividu sendiri dan poin terpentingnya
adalah fokus kepada apa yang sedang dijalaninya. Semua yang berawal dari hati pasti
akan sampai ke hati juga, seperti kisah sukses perjuangan Nicholas Kurniawan
dalam berbisnis ikan Garra Rufa.
“Bukan hanya niat yang menjadi kunci
keberhasilan, namun FOKUS pada tujuan juga sangat menentukan seberapa berhasil
usaha yang kita lakukan.”
Komentar
Posting Komentar